Buy template blogger

Komisi II dan IV DPRD Badung Provinsi Bali Kunker di Kab. Lombok Utara, Wabup Paparkan Sumber PAD

Wakil Bupati KLU Saat Menyerahkan Plakat ke Ketua DPRD Badung. (foto/hms)
Bumigoranews.com, (Tanjung)- Wakil Bupati Lombok Utara H. Sarifudin, SH. MH menerima kunjungan kerja rombongan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung Provinsi Bali di Aula Sementara Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Utara, (Rabu 11/9).

Dalam kunjungan ini, Sarifudin memaparkan deskripsi umum Kabupaten Lombok Utara (KLU). Menurutnya, KLU merupakan kabupaten baru dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terbentuk berdasarkan UU nomor 26 tahun 2008 tanggal 24 Juni 2008 dan disahkan secara resmi pada 21 Juli 2008 sehingga tanggal 21 bulan bersangkutan ditetapkan sebagai hari ulang tahun KLU.

Secara administratif KLU terdiri dari 5 (lima) kecamatan, yaitu Bayan, Kayangan, Gangga, Tanjung dan Pemenang dengan jumlah penduduk 240 ribu jiwa serta tingkat populasi lebih dari 20 persen. Adapun jumlah desa sebanyak 33 desa definitif dan 10 desa pemekaran dengan 270 dusun. 

"Kabupaten kami terdiri dari 5 kecamatan, 33 desa ditambah 10 desa baru. Sedangkan jumlah dusun di KLU sebanyak 270 dusun," urai Sarif.

Batas-batas wilayah KLU diantaranya sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah barat Selat Lombok, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah, serta sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lombok Timur. 

Pendapatan asli daerah (PAD) KLU, tambah Sarif, sebesar 200 miliar dengan sumber PAD terbesar dari sektor pariwisata dan APBD 1 triliun rupiah lebih.

"Potensi daerah kami ada pariwisata, perdagangan, pertanian dan perikanan. Di KLU tidak ada industri," terangnya.

Wabup yang biasa disapa H. Sarif ini juga memaparkan kondisi terkini KLU yang lebih baik dari setahun lalu. Mengacu data terbaru BPBD KLU, tutur Sarif, dari sejumlah 54 ribu rumah warga yang rusak berat dan hampir 70 ribu rusak sedang dan rusak ringan hingga saat ini ada sebanyak 50 persen tengah dalam proses pembangunan.

"Alhamdulillah, kondisi kami sampai hari ini lebih baik ketimbang setahun lalu. Dari 54.000 rumah rusak berat dan hampir 70.000 rusak ringan dan rusak sedang. Menurut data BPBD sampai saat ini sudah 50 persen sedang proses pembangunannya. Rumah yang sudah jadi 100 persen ada sekitar 30 persen dari jumlah keseluruhannya. Sisanya sedang berproses," papar politisi Gerindra ini.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Badung I Made Sumerta, SH dalam sambutannya menyampaikan maksud kunjungan sembari turut perihatin atas bencana yang menimpa KLU. Pascagempa pihaknya melihat bangunan-bangunan di KLU rata dengan tanah dari Pemenang sampai Tanjung, dan beberapa diantaranya sedang on progres. Rombongan kunjungan kerja, sambung Sumerta, juga ingin mengetahui sejauh mana peran Pemkab Lombok Utara dalam menangani pembangunan pada fase rehab rekon ini.

Mengingat, lanjutnya, pemerintah pusat sangat intens turun terutama terkait dengan pembangunan rumah tahan gempa (RTG). Dengan kondisi serba sulit ditambah bangunaan yang tidak ada, rombongan DPRD Badung juga ingin mengetahui peran pemerintah setempat dalam memulihkan pendidikan sehingga proses belajar mengajar di sekolah tidak terganggu dan tertinggal. Merunut pada amanat UU, di mana 20 persen dana APBN untuk pendidikan. 

"Pada kesempatan ini kami dari komisi IV menyampaikan maksud terkait dengan kedatangan kami kesini. Kami menyampaikan rasa turut prihatin atas bencana yang menimpa KLU. Pascagempa kami melihat bangunan yang sama rata dengan tanah dari ujung barat sampai di sini dan diantaranya masih on progres. Kami ingin mengetahui untuk bekal kami pulang sampai sejauh mana peran Pemda KLU karena pemerintah pusat sangat intens dan juga dengan rumah tahan gempa (RTG). Begitu pula pada aspek pendidikan. Dengan kondisi yang sulit dan bangunaan tidak ada bagaimana peran pemerintah di sini mendorong proses belajar mengajar agar tidak terganggu dan tertinggal," beber Sumerta.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, SE menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Wakil Bupati Sarifudin mengingat di sela-sela kesibukan masih menyempatkan diri menyambut kedatangan dan bertatap muka secara langsung dengan pihaknya.

"Kami dari Komisi II datang ke Lombok Utara ini tidak lain untuk mengadakan study komparasi tentang pariwisata. Sedangkan Komisi IV ingin menggali terkait aspek sosial dan kesehatan", ungkapnya.

Ditambahkannya, KLU mempunyai Gili Trawangan yang berpantai sangat indah. Pihaknya berdecak kagum dengan keindahan destinasi wisata Lombok Utara tersebut seperti pasir yang berkilau dan ramah lingkungan hingga jauh dari polusi. 

"Kami belum punya pantai yang sebaik Gili Trawangan. Selain jauh dari polusi juga pasirnya berkilau. Itulah yang kami ingin pelajari di sini, karena ke depannya jualan pariwisata yang laku adalah _no polution_," tutup Dirgayusa. 

Rangkaian acara diakhiri dengan pemberian cendramata dari Wabup dan ke rombongan DPRD Badung; dan diakhiri dengan foto bersama.
Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar