Buy template blogger

Pemerintah Apresiasi Kemajuan SMK Agribisnis Sirajul Huda


Bumigoranews.com, (Janapria) - Sekolah Mengah Islam (SMK) Sirajul Huda Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Lombok Tengah karena dinilai berhasil mengembangkan jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Kepala UPT Dikmen Dikpora Kabupaten Lombok Tengah Drs. H. Abd. Sattar, M.Pd mengatakan, dirinya lumayan terkejut dengan perkembangan jurusan yang menurut catatannya berdiri tahun 2015 ini.

"Terus terang awalnya kita pesimis jurusan Agribisnis ini akan berhasil, karena beberapa SMK yang membuka jurusan yang sama malah bubar, tapi disini justru paling banyak siswanya" Ungkap Drs. H. Abd. Sattar, M.Pd ditemui di Ponpes Sirajul Huda Desa Durian, selasa (8/10/19).

H. Abd. Sattar yang datang bersama tiga orang pengawas lainnya menambahkan, sejarah keberadaan SMK Agribisnis atau pertamian di Kabupaten Lombok Tengah memang jarang ada yang berhasil. Penyebabnya, Paradigma murid dan orang tua murid belum terbuka dengan prospek jurusan ini di masa depan.

"Calon siswa dan orang tua di awal tahun ajaran baru belum tau betapa besarnya prospek SMK Agribisnis ini kedepan, padahal inilah masa depan Indonesia ditengah kita berada dibawah ancaman krisis pangan" Ungkapnya.

Sementara itu, H. Halil dan Triyono Urip, pengawas Dikmen lainnya yang ikut dalam rombongan memberikan apresiasi pada pola pengelolaan SMK Agribisnis Sirajul Huda yang bisa menggabungkannya dengan semua stakeholder yayasan seperti santri, wali santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren.

Pola ini menurutnya jarang bisa dilakukan padahal kekuatan SMK Berbasis pondok pesantren ada di stakeholder yang mengakar kuat di masyarakat ini.

"SMK ini benar-benar berbasis ponpes, jadi kebutuha SMK pertanian seperti lahan pertanian dan lain-lain di support penuh oleh yayasan dan masyarakat, ini pola yang mengagumkan" Ungkap H. Halil.

SMK Islam Sirajul Huda yang beralamat di Dusun Paok Dandak, Desa Durian, Kecamatan Janapria Lombok Tengah ini didirikan oleh TGH. Mohammad Jamiluddin pada tahun 2011. Sekolah ini pertama kali membuka Jurusan Multimedia, kemudian Agribisnis dan saat ini kembali menambah jurusannya dengan membuka Pariwisata dan Perhotelan.

Selain mengembangkan SMK Agribisnis, SMK ini juga mengembangkan sistem belajar di alam bebas dan menggabungkannya dengan komunikasi bahasa Asing Arab dan Inggris setiap hari.
Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar