Buy template blogger

Viral, Senator NTB Evi Apita Maya Terlihat Memakai Kerawang Gayo 


Senator Evi Apita Maya terlihat menggunakan motif Kerawang Gayo Aceh di Mukernas Keluarga Paninggahan 2019.(Foto/@Official_EviApitamaya)


Palembang, (Bumigoranews.com)- Mukernas Persartuan Keluarga Paninggahan Sumatera Barat (PKP) 2019, dilaksanakan bertempat di Jakabaring Sport Center, Palembang, Minggu (10/11).

Dihadiri Senator DPD RI Evi Apita Maya dapil Nusa Tenggara Barat yang juga memiliki darah keturunan  Minang. Menarik, dalam acara perkumpulan masyarakat Paninggahan, Solok tersebut Senator Evi terlihat menggunakan rok motif Kerawang Gayo asal Aceh.Hal itu diketahui setelah komentar dari salah seorang  netizen asal Aceh di Instagram pribadi Senator  @official_eviapitamaya." Mantap buk roknya morif Aceh ".

Senator Evi juga dikenal senang menggunakan pakaian - pakaian adat nusantara serta aktif mempromosikan budaya lokal, khususnya pariwisata di dapil Nusa Tenggara Barat (NTB).
Melalui wawacara whatsapp kepada media Senin, (11/11),  " Saya senang dengan motifnya pas dengan warna baju saya pakai  ada selendangnya itu tapi tidak saya pakai, waktu itu saya beli di Aceh langsung ".

Evi menanbahkan, " Saya juga cinta dengan budaya seluruh nusantara dan dari sabang sampai merauke mempunyai khas sendiri dan semua indah " ujar senator asal dapil NTB tersebut.

Tentang Kain Adat Kerawang Gayo

Kerawang atau sering disebut "Kerawang Gayo"; Adalah Busana Adat Suku Gayo yang Biasanya dipakai saat melangsungkan acara Resepsi Pernikahan, acara tarian adat dan budaya secara turun-temurun.

Kain adat Gayo memiliki 11 motif, yaitu mata itik, pucuk rebung, sesirung, leladu, mun berangkat, tulen iken, puter tali, bunge kipes, gegaping, panah dan motif selalu.

Kain adat Gayo yang menyimpan banyak pesan moral, petuah dan amanah leluhur untuk generas penerusnya. Telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda sejak 2014.
Kerawang bagi masyarakat di Dataran Tinggi Gayo melambangkan prinsip-prinsip budaya, agama, adat istiadat sampai dengan cara mereka melakukan hubungan sosial. Motif kerawang kerap ditemui dalam bentuk kain, tas, pakaian dan pernak pernik lain. Meski begitu dulunya motif kerawang hanya di pakai sebagai ukiran pada rumah-rumah adat di Aceh Tengah. (MI)
Older Posts
Newer Posts

Post a Comment

deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar