Buy template blogger

ITDC dan Dinas Koperasi UMKM NTB Gelar Pelatihan Mekanik, 18 Peserta Dari Desa Penyangga KEK Mandalika

Para peserta yang sedang ikuti pelatihan.(Bumigoranews.com/ist)


Mataram,- Sekitar 18 pemuda sasak terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Lombok NTB yang dikembangkan oleh ITDC mulai mengikuti pelatihan mekanik yang sudah selenggarakan selama 7 hari mulai dari tanggal 23 sampai 30 Juni 2021 disalah satu hotel di Mataram.


Pelatihan yang diselenggarakan merupakan kerjasama ITDC dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB dengan tujuan menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor. 


Dari 18 peserta yang mengikuti pelatihan merupakan warga dari enam desa penyangga The Mandalika dari Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol. 


Namun dari 37 pendaftar setelah mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan selanjutnya tes tulis dan wawancara pada tanggal (19/6).


Pelaksanaan seleksi berlangsung ketat ditunjukkan dengan hasil skor seleksi yang kompetitif antar peserta. 18 pemuda terpilih tersebut merupakan pemuda dengan hasil skor terbaik dan dinyatakan siap untuk mengikuti pelatihan di kelas selama delapan hari hingga akhir Juni ini.


Pelatihan akan diisi dengan pembelajaran tatap muka mengenai teori dasar ilmu mekanik antara lain dasar mesin dan sistem bahan bakar, pengetahuan dasar karbulator, sistem kelistrikan, sistem perawatan dan penyetelan pemeliharaan baterai mesin 4 langkah, periksa dan ganti side stand matic, dan praktik. 

 

“Kami ucapkan selamat kepada para pemuda terpilih yang telah lulus seleksi tes tulis dan wawancara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dan berhak mengikuti pelatihan mekanik ini," ucap Miranty selaku Vice Presiden Corporate Secretary, di Mataram Rabu (23/6/2021).


Selanjutnya Miranty menjelaskan, bahwa penyaringan berlangsung kompetitif ditunjukkan dengan hasil tes para pemuda yang sangat baik. 


Ditambah, ia berterima kasih atas antusiasme para pendaftar lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti pelatihan mekanik kali ini. 


"Jangan putus asa. Kami yakin akan ada peluang lain yang terbuka yang bisa dijadikan kesempatan belajar bagi para pemuda di desa penyangga The Mandalika,"harapnya.


Miranti menambahkan, pemberian pelatihan kepada para pemuda lulusan SMA/SMK dan sederajat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan yang nantinya bisa bermanfaat saat para pemuda mulai memasuki dunia kerja.


“Pelatihan ini merupakan bentuk implementasi dari tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) Kementerian BUMN mengenai pendidikan yang berkualitas yang tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN 2021,"jelas Miranty.


ITDC berharap pelatihan yang diadakan untuk menambah wawasan dan keterampilan para peserta sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor sejalan dengan pengembangan DPSP The Mandalika yang akan menyajikan perhelatan event balap motor kelas dunia.


Salah satu peserta pelatihan mekanik Sadarianto dari Desa Sukadana, menyampaikan antusiasmenya dalam mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait mekanik.


“Alhamdulillah saya sangat bangga dan bahagia telah terpilih menjadi salah satu peserta untuk mengikuti pelatihan yang digelar oleh ITDC. Saya tidak akan menyiayiakan kesempatan besar yang telah diberikan melalui wadah pembelajaran tatap muka,"ungkapnya


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB H. Wirajaya Kusuma, mengapresiasi ITDC yang setinggi-tingginya atas kerjasamanya.


"Kepada anak-anak kami yang mengikuti pelatihan kalian mampu menjadi agen perubahan untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan aman ketika wisatawan berkunjung ke Mandalika,"harap Wijaya.


Pasca selesainya pelatihan di kelas ini, para peserta akan disaring kembali sebanyak 12 orang untuk mengikuti kegiatan magang di lima dealer bengkel AHASS di Lombok Tengah, selama tiga bulan. Di lokasi magang nantinya, para peserta diharapkan mampu mempraktikkan keterampilan dalam hal reparasi sepeda motor dan teknologi perbengkelan.


“Kami ucapkan selamat mengikuti pelatihan di kelas. Semoga para peserta selalu dalam keadaan sehat dan fit, sehingga dapat mengikuti pelatihan ini dengan lengkap dan memahami pembelajaran di kelas dengan baik,” tutup Miranti.

Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar
deskripsi gambar
deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar