Buy template blogger

Wisata Gunung Jae Sedau Lobar Dapat Kucuran Bantuan Dana Kemendes

Wisata Gunung Jae Desa Sedau Kecamatan Narmada Mendapat Kucuran Dana Dari Kemendes.(Bumigoranews.com/ist)

Lombok Barat,- Kemendes kembali mengguyurkan anggaran untuk penataan Desa Wisata di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Setelah Desa Sekotong Tengah dan Desa Sesaot di tahap satu yang saat ini sudah berjalan lima puluh persen, penataan destinasi wisata desa di Lobar kembali dikucurkan untuk Desa Sedau Kecamatan Narmada. Desa ini adalah salah satu dari 38 desa se Indonesia yang mendapat kucuran di tahap ini.

"Awalnya ada 63, termasuk Desa Batu Putih. Tapi infonya dikurangi karena rasionalisasi sehingga menjadi 38. Jadi hanya kita saja. Alhamdulillah Kawasan Ground Camping Gunung Jae di desa kami menjadi salah satu desa yang akan dibantu oleh Kemendes," terang Kepala Desa Sedau Amir Syarifuddin sesaat sebelum menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kemendes.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Amir melalui daring secara nasional dengan juga menghadirkan Kepala DPMD, Heri Ramdhan, Kepala Dinas Pariwisata Saepul Akhkam, Tenaga Ahli di DPMD Bidang Infrastruktur Wirajaya dan Kepala Desa Sedau di Ruang Kerja Kepala DPMD, Kamis (2/9/2021).

PKS itu sendiri adalah salah satu syarat sebelum anggaran senilai Rp. 300 juta itu ditransfer ke rekening desa. Menurut Tenaga Ahli DPMD Wira, anggaran senilai 300 juta tersebut diperuntukkan bagi penataan kawasan ground camping yang saat ini lagi viral di kalangan wisatawan lokal.

"Perencanaannya sangat bergantung dengan menu yang dibolehkan oleh juknis kemendes serta hasil survey oleh tim pusat," tegas Wira.

Terlihat Dari Kamera Drone Wisata Gunung Jae. (Bumigoranews.com/ist)


Dari banyak usulan rencana kegiatan, imbuh Wira maka penataan jalan wisata yang disetujui dalam proposal itu yang diajukan.

"Kita menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme pengusulan di desa dengan tim. Termasuk di pelaksanaan, semuanya dilakukan secara swakelola oleh desa," terang Kepala DPMD Heri Ramdhan. 

Pihaknya, aku Heri hanya akan melakukan pengawasan dan pendampingan agar kegiatan bisa terlaksana sesuai dengan perencanaan yang disetujui.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Saepul Akhkam mengaku sangat gembira dengan kucuran anggaran ini.

"Di tengah minimnya kemampuan keuangan daerah, Desa Sedau kreatif untuk meyakinkan pemerintah pusat untuk dapat dibantu anggaran. Apalagi ini menyentuh destinasi pariwisata kita di Sedau. Saya yakin ini akan menjadi penguat aksesibitas dan amenitas di gunung jae. Ini menjadi PR buat kami untuk mendukung bagaimana destinasi ini menyajikan atraksi yang berkelanjutan," papar Kepala Dinas Pariwisata Saepul Akhkam.

Akhkam juga menegaskan bahwa kucuran anggaran ini menjadi tanda kebangkitan pariwisata Lombok Barat di masa pandemik.

"Semua pihak berkolaborasi dalam membangun kepariwisataan. Ini sangat membanggakan," pungkasnya.

Sumber : Dispar Lobar

Editor : Oji Milenial

Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar