Buy template blogger

Festival Bubur Beaq Bubur Putek, Strategi Pemdes Senggigi Gaet Wisatawan

Para Peserta Festival Terlihat Sedang Memasak Bubur Beaq dan Bubur Putek di Lokasi Acara.(Bumigoranews.com/ist)

Lombok Barat,- Statregi Pemerintah Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, menggelar acara Festival Bubur Beaq dan Bubur Putek sebagai langkah menggaet wisatawan untuk berkunjung ke Senggigi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Senggigi, Mastur saat pimpin rapat bersama seluruh Panitia Festival di Kantor Desa Senggigi.

Ia berharap, kegiatan ini nantinya mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di Desa Senggigi dan Panitia Festival bisa bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing yang telah ditentukan.

"Pariwisata Senggigi ini sudah lama tertidur karena adanya Covid-19, ditambah lagi dengan PPKM kemarin. Oleh karena itu, Festival Bubur Beaq Bubur Putek ini merupakan kesempatan kita untuk bangkitkan kembali Pariwisata Senggigi yang sempat tertidur ini," katanya dilokasi acara. Sabtu, 6/11/2021.

Dikatakan Mastur bahwa, selain sebagai ajang untuk menggaet wisatawan, festival tersebut juga merupakan media promosi dan sekaligus memperkenalkan kelezatan Bubur Beaq dan Bubur Putek yang ada di Pulau Lombok dan khususnya di Desa Senggigi. Yang dimana, kedua jenis bubur ini mempunyai cita rasa tersendiri.

Dipilihnya Bubur Beaq dan Bubur Putek dalam festival ini singgungnya, dikarenakan bahwa selama ini, kedua jenis bubur tersebut merupakan jenis bubur yang unik, hanya dibuat dan dinikmati pada bulan-bulan tertentu saja dalam tanggalan Hijriyah yakni Muharam dan Shafar.

"Oleh karena itu, melalui Festival ini juga kita perkenalkan kearifan lokal ke publik bahwa kita di Desa Senggigi khususnya dan Pulau Lombok pada umumnya masih melestarikan tradisi nenek moyang terdahulu yaitu membuat bubur putek setiap bulan Muharram dan bubur Beaq pada bulan Shafar," tandasnya.

Selain itu sambung Mastur, Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (Perum LKBN Antara) Biro Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Yayasan Tangan Berbagi yang selalu memberikan motivasi kepada Desa Senggigi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengangkat Destinasi Wisata.

"Terima kasih kepada Antara News Biro NTB sebagai salah satu motivator kegiatan Festival Bubur Beaq dan Bubur Putek ini. Terutama buat Bang Reza yang selalu memotivasi dan selalu mengangkat nama Senggigi sebagai berita di kancah Nasional maupun Internasional," ungkapnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Desa Senggigi Muhammad Fathul Azis, menuturkan bahwa dalam persiapan pelaksanaan Festival Bubur Beaq dan Bubur Putek ini, sebagai Lembaga Desa yang ditunjuk bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Senggigi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) mengaku sangat bersemangat. Pihaknya bahu-membahu ambil bagian tugas masing-masing.

"Memasuki bulan November ini, kami sudah mulai disibukkan dengan berbagai persiapan, termasuk persiapan peralatan, acara dan sebagainya," katanya.

"Semoga kegiatan ini bisa berjalan sesuai harapan dan mendapat respon positif dari masyarakat luas," harapnya.

Sumber : Prokopi Setda Lobar

Editor : Oji Milenial


Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar
deskripsi gambar
deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar