Buy template blogger

Menaker RI luncurkan Buku Panduan SOP Perlindungan CPMI, AP2TKI Beri Apresiasi

Menaker Ida Fauziyah serahkan buku panduan penyelenggaraan layanan perlindungan PMI kepada Ketum AP2TKI Lolynda.(Bumigoranews.com/ist)

Jakarta, - Dalam rangka melakukan tata kelola migrasi tenaga kerja yang responsif gender dan responsif COVID-19, diluncurkan buku “Panduan Teknis Penyelenggaraan Layanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang Responsif Gender di Ruang Tridharma Kementerian Ketenagakerjaan Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Buku panduan ini hasil kolaborasi Tim Kemnaker dengan Tim International Labour Organization (ILO) Jakarta dan Jaringan Buruh Migran (JBM) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen para pemangku kepentingan tentang urgensi dan upaya Pemerintah Indonesia dalam memastikan tata kelola migrasi tenaga kerja responsif gender dan responsif COVID-19 yang berpusat pada manusia.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi Tim Kemnaker bekerja sama dengan Tim ILO Jakarta dan JBM, untuk terus meningkatkan pelindungan kepada PMI terutama dari banyak masalah yang dihadapi PMI,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya di Ruang Tri Dharma Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Rabu 30/3/2022.

Menurut Menaker, buku Panduan Teknis Penyelenggaraan Layanan dan Pelindungan PMI yang Responsif Gender ini juga merupakan hasil penelitian dan temuan kondisi lapangan oleh para peneliti. Dalam buku ini, terdapat rekomendasi yang dapat dijadikan masukan bagi semua pemangku kepentingan dalam rangka perbaikan tata kelola penempatan dan pelindungan PMI secara terpadu, holistik dan berkesinambungan.

“Pemaknaan responsif gender bukan memberikan keistimewaan bagi perempuan pekerja migran dan mendiskriminasi laki-laki. Tetapi bagaimana menerapkan prinsip “kesetaraan dan keadilan gender” serta persamaan hak bagi semua pekerja migran. Di sisi lain memberikan perlindungan, pemenuhan dan penanganan responsif terhadap kebutuhan yang berbeda dari berbagai kelompok gender yang ada,”katanya.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Pelatihan Tenaga Kerja Indonesia ( AP2TKI) Lolynda Usman mengapresiasi lankaah Kemnaker menerbitkan pwtunjuk teknis ini. Balai Latihan Kerja Luar Negeri anggota AP2TKI siap melaksanakan prokes sebagaimana yang petunjuk teknis dalam buku panduan ini dan siap mencetak calon PMI yang memiliki kompetensi.

Harapan Lolynda dengan diaplikasilanya petunjuk teknis ini oleh semua komponen,mempercepat dibuka kembali penempatan PMI ke nagara negara penempatan.

Berdasarkan data BP2MI, Negara tujuan penempatan terbanyak adalah Hongkong, Taiwan, Singapura, Korea Selatan dan Saudi Arabia. Sementara data Bank Indonesia tahun 2018 remintansi PMI mencapai Rp 153,6 triliun.

Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar
deskripsi gambar
deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar