Buy template blogger

Wabup Sebut 50.000 Hektar Luas Tanah di Loteng Hasil Panen Semakin Tahun Semakin Bagus

Bumigoranews.com, (Kopang) - Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., didampingi Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, SE. MI.Pol., menghadiri acara penanaman padi serentak Korem 162/WB bersama kelompok Tani Bukit Ngiang di atas lahan sawah seluas ± 2,5 Hektar milik Bapak Kamaludin, Muzaki dan Sujarman di Dusun Borok Kenoet, Desa Darmaji, Kecamatan kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (5/5/20).

Penanaman padi pada musim kemarau pertama tahun 2020 berupa jenis padi varietas Mekongga untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan khususnya Wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Loteng H. Lalu Fathul Bahri, S.IP., menyampaikan bahwa Dari 50.000 Hektar luas tanah di Loteng hasil panen kita semakin tahun semakin bagus, karena pertanian ini harus dikawal sedemikian rupa untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Dari lahan 50.000 Hektar tersebut menghasilkan panen hingga 67.000 Ton, maka persediaan pangan saat ini di Kabupaten Lombok Tengah sudah tercukupi,” ungkap Wabup.

“Untuk seluruh provinsi NTB Loteng menjadi penghasil padi terbesar, mudah-mudahan semakin tahun ketika lahan berkurang pertanian semakin bagus sehingga kebutuhan masyarakat dan petani tetap tercukupi,” lanjutnya

Sejalan dengan penyampaian Wabup, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menyampaikan kita patut bersyukur karena hasil panen kita yang pertama kemarin surplus sekitar 66.000 ton dan ini luar biasa dan mudah-mudahan hasil panen yang kedua ini dapat melebihi hasil panen sebelumnya sehingga kita tidak perlu khawatir manakala pandemi Covid-19 ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama karena ketahanan pangan yang baik dapat menjamin ketenangan Masayarakat di massa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, bahwa kedatangannya ke acara tersebut selain untuk melaksanakan penanaman padi juga untuk memotivasi serta memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat dan kelompok Tani Bukit Ngiang Dusun Borok Kenoet, Desa Darmaji terkait imbauan pemerintah tentang upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Saya mengingatkan bapak-bapak dan ibu-ibu agar patuhi imbauan dan kebijakan pemerintah untuk disiplin mengikuti prosedur pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak atau social distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, kurangi keluar rumah, serta selalu memakai masker,” jelas Danrem.

Terkait hal itu, Danrem juga menyampaikan bahwa dengan menggunakan Alsintan dalam bercocok tanam maka dapat membantu upaya pencegahan penularan Covid-19 khususnya social Distancing karena dengan menggunakan alat tanam diharapkan mengurangi penggunaan tenaga orang dalam jumlah banyak sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Selain itu, Danrem menyampaikan bahwa telah memerintahkan para Dandim agar Alsintan yang ada di tiap-tiap Koramil dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan kelompok tani setempat, namun tetap diperhatikan perawatannya sehingga masa pakai Alsintan lebih panjang. Dengan menggunakan alat selain menjadi bagian dari social distancing dalam kondisi pandemi covid-19, juga dapat lebih efiktif, efisien baik dari segi waktu, tenaga mengingat dengan menggunakan alat untuk tanam luas satu hektar hanya membutuhkan waktu 20 menit, sementara menggunakan tenaga manusia sebanyak sepuluh orang, dengan luas yang sama, membutuhkan waktu tiga sampai empat jam, hal ini sangat jauh lebih efektif.

Kegiatan penanaman di lapangan agar selalu dikoordinasikan baik RDK maupun RDKK dengan Poktan, UPT, PPL sehingga mengurangi kesalahan terkait jumlah luas lahan tanam dihadapkan dengan ketersediaan benih, pupuk, sesuai daftar dari Poktan di wilayah masing-masing. Dengan upaya-upaya yang dilakukan secara bersinergi kita berharap dapat meningkatkan hasil pertanian jadi lebih maksimal.

“Kemudian pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan dilaksanakan dirumah masing-masing, sementara kita ikuti imbauan Mui,” ujarnya.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut, Kadistan Loteng
Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

Post a Comment

deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar