Buy template blogger

Gelar Dialog Publik, PC PMII Mataram Sebut Menjaga Toleransi Beragama Merupakan Seni

Foto Pemateri Dialog Publik PC PMII Mataram disalah satu warung kopi di Mataram. (Bumigoranews.com/ist)


Mataram- Merawat toleransi umat beragama di NTB untuk NKRI dan referensi dunia menurut Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Mataram, bahwa toleransi dan kerukunan bukan hanya keniscayaan, melainkan juga kemutlakan.

"Bangsa yang dipadati berbagai agama, budaya, etnik, dan bahasa. Merawat toleransi tidak lebih mudah jika dibandingkan dengan membangun toleransi", Ungkap ketua PC PMII Mataram Wahyu Safari disalah satu warung kofi di Mataram. Selasa, 25/10/2022.

Ia juga menambahkan, merawat toleransi ialah suatu seni yang memerlukan tangan-tangan terampil dari Aktivis mahasiswa selaku agent of change and agent of control ditengah masyarakat. 

Menurut sekretaris PWNU NTB, H.L. Aksar Ansori menjelaskan, toleransi itu jangan sekedar didiskusikan namun diaktualisasi di kehidupan sosial, kemudian dipelihara dan dijaga. 

"Bahwa nilai toleransi itu harus selalu ada disetiap individual, bicara toleransi itu berarti kita berbicara cinta karena kalau seorang diganggu masalah cinta maka akan mucul masalah. Maka satu-satunya jawaban untuk merawat keberagaman adalah tetap menjunjung tinggi rasa cinta,"terangnya. 

Sementara itu, Perwakilan FKBU NTB, Muhammad Zuhdi,menegaskan sikap toleransi sesuatu yang niscaya bagaimana umat, memotret Indonesia ini di NTB.

"Perbedaan adalah suatu keniscayaan, jangan sekali-kali kalian merusak apapun yang ada dibumi, karena semua makhluk memiliki hak yang sama di hadapan Tuhan, kita tahu bahwa banyak negara-negarayang runtuh hanya karena tidak menjunjung tinggi toleransi,"Ungkapnya.

Sebagai sesama manusia tidak boleh mendominasi, agitasi diluar dari kompetensi kewenangan. Harapannya semua peserta dialog untuk tetap menjaga kerukunan ini dan penting untuk terus mengkawal semua sikap toleransi antar uat beragama, kita ini adalah pewaris negeri ini.Merawat keberagaman ini adalah salah satu cara untuk selalu menjaga stabilitas NKRI. Tegasnya. 

Akademisi UIN Mataram, Bahwan Al-Ghazali memaparkan, Toleransi keagamaan itu mencakup masalah keyakinan yang melekat dalam diriseorang yang berhubungan dengan akidah, dan kita harus memberikan kebebasan untuk memilih keyakinan masing dan harus selalu memeberi penghormatan sesuai dengan haknya memilih keyakinan masing-masing.

"Provinsi NTB sudah dimandatkan sebagai daerah yang memiliki tingkat toleransi yang sangat tinggi, seperti contoh di Bima dimana masyarakatnya hidup satu atap diantara 3 agama , Kabupaten Lombok Utara dimana antara Hindu dan Islam sangat semangat bergotong royong. Dan ini adalah wujud toleransi yang harus diapresisasi oleh pemerintah. Dan kami mampu menjaga stabilitas daerah semakin dengan konsep toleransi ini,"tutupnya.

Indonesia adalah negara plural yang memiliki masyarakat yang multikultural, memiliki hak kebebasan beragama dan juga budaya, ras, dan lain-lain. Pungkasnya.

Older Posts
Newer Posts
Bumigoranews.com
Bumigoranews.com Kami hadir sebagai pemberi informasi kepada publik dari hal yang terkecil di rangkum dalam berita yang terpecaya akurat dan transparan. Alamat Redaksi Respang Desa Bakan Kecamatan Janapria lombok tengah

1 comment

  1. Two propositions on the November 2022 ballot regarding authorized online sports betting. Since states are able to to} make their own rules regarding sports betting, what have the ability to|you presumably can} and may't bet on differs relying on where you might be}. From which states only permit in-person sports 토토사이트 betting to which states don't permit prop bets on faculty sports, a lot of|there are many} variations ought to be|you need to be|you ought to be} aware of. We hope our look at at|have a look at} the highest casino bonus codes helped you determine which one holds the best value for you.

    ReplyDelete
deskripsi gambar

Ads Single Post 4

deskripsi gambar